Sunday, January 16, 2011

Sejarah Penulisan Alkitab

Ini adalah asal muasal kitab2 yang kita baca di Alkitab, tujuan postingan ini supaya orang2 tau gimana asal muasal dan ceritanya. jadi kalo kita ditanya orang, dari mana sumber bacaan kita semua ini? siapa yang nulis? kita bisa jawab. silahkan dinikmati:

Perjanjian Lama :



Musa adalah orang yang membawa orang Israel keluar dari Mesir, lihat film "the Ten Comandments"

KEJADIAN
Tema : Permulaan. diambil dari kata pertamanya, Beresyit(pada mulanya). Kejadian mencatat penciptaan, permulaan sejarah manusia, dan asal mula umat Ibrani dan perjanjian Tuhan dengan Abraham/Ibrahim.
Tahun penulisan: sekitar 1445-1405 SM

KELUARAN
Tema : Penebusan. diambil dari kata Yunani, Exodus(keluaran/keberangkatan). Menunjuk kepada pembebasan bangsa Israel dari perbudakan Mesir dan keberangkatan mereka dari negeri tsb.
Tahun penulisan: Sekitar 1445-1405 SM

IMAMAT
Tema : Kekudusan. berisi pengarahan yg diberikan Tuhan kepada Musa selama 2 bulan di gunung Sinai. judul IMAMAT berasal dari terjemahan Yunani dan Latin. bisa dibilang kitab ini berisi hukum2 kultis dan etnis.
Tahun penulisan: Sekitar 1445-1405 SM

BILANGAN
Tema: Pengembaraan di Padang Gurun. mengisahkan pengembaraan bangsa Israel di Padang Gurun menuju Tanah Kanaan (tanah perjanjian).
Tahun Penulisan: Sekitar 1405 SM

ULANGAN
Tema: Pembaharuan Perjanjian. berisi amanat perpisahan Musa yang memperbaharui Perjanjian antara Tuhan dengan Israel.
Tahun Penulisan: Sekitar 1405 SM



Yosua/Joshua ini penerusnya si Musa, soalnya Musa ga dibolehin ke tanah perjanjian.

YOSUA
Tema: menaklukan Kanaan. mencatat peristiwa Sungai Yordan memasuki Kanaan setelah Musa wafat. dan menetapnya 12 suku israel di bawah kepemimpinan Yosua.
Tahun Penulisan: abad ke 14 SM



sebenarnya kitab2 dibawah ini ga diketahui penulisnya, tapi setidaknya ada kaitan dengan Samuel dan Samuel lah yang menemukan King David dan menjadikan dia Raja

HAKIM-HAKIM
Tema: Kemurtadan dan Pembebasan. Kitab ini dinamai dari 13 orang tokoh yg secara berkala dipanggil Tuhan untuk memimpin dan dan membebaskan orang israel dari invasi bangsa2 tetangga.
Tahun Penulisan: Sekitar 1050-1000 SM

RUT
Tema: Kasih yang menebus. menguraikan berbagai peristiwa di dalam suatu keluarga pada zaman para hakim. kitab ini hanya menurut keturunan Rut sampai pada King David.
Tahun Penulisan: Abad ke 10 SM

1 & 2 SAMUEL
Tema: Kerajaan Teokratis (1 Samuel). Pemerintahan King David (2 Samuel). di kitab ibrani, 1 dan 2 Samuel merupakan 1 kitab.
Tahun Penulisan: Akhir abad ke 10 SM

1 & 2 RAJA-RAJA
Tema: Raja2 Israel dan Yehuda. melanjutkan sejarah yang tercatat di 1 & 2 Samuel. keempat kitab ini meliput seluruh sejarah para raja israel dan yehuda.
Tahun Penulisan: sekitar 560-550 SM



Ezra ini dulu seorang Imam pd masa itu. dia juga yg waktu itu ngumpulin kitab2 di PL ini.

1 & 2 TAWARIKH
Tema: Sejarah "penebusan" Israel (1 Tawarikh). ibadah, kebangunan rohani, dan pembaharuan sejati (2 Tawarikh). sejarah yg tercatat dalam 1 & 2 Tawarikhbersifat pra-pembuangan. tetapi, asal usul dan sudut pandangan kitab2 ini bersifat pasca-pembuangan.
Tahun Penulisan: sekitar 450-420 SM

EZRA
Tema: Pemulihan kaum sisa pembuangan. pada mulanya Ezra dan Nehemia 1 kitab seperti 1 & 2 Tawarikh.
Tahun Penulisan: sekitar 450-420 SM

NEHEMIA
Tema: Pembangunan kembali tembok Yerusalem. ketika orang Yahudi diizinkan kembali ke negeri mereka setelah pembuangan di Babel dan Persia.
Tahun Penulisan: sekitar 430-420 SM

isi dari sebagian besar kitab yg dibwh ini mang ga diketahui tapi dari sumber2 yg cukup dikenal kek Ayub dari kitab Ayub, n King David dari kitab mazmur

ESTER
Tema: Kepedulian Tuhan yg memelihara. berisi tentang kisah ratu Ester (pernah nonton "one night with the king"? itu kisahnya die).
Tahun Penulisan: sekitar 460-400 SM

AYUB
Tema: Mengapa orang benar menderita? Kitab ini tergolong sebagai salah satu kitab hikmat dan syair. "hikmat" karena membahas secara mendalam soal2 universal yg penting dari umat manusia; "syair" karena hampir seluruh kitab ini berbentuk syair berdasarkan kisah nyata.
Tahun Penulisan: tidak pasti

MAZMUR
Tema: Doa dan pujian. judul dari kitab ibrani adalah "tehilim" yang berarti puji-pujian. judul dalam bahasa Yunani adalah "psalmoi", yg berarti nyanyian yg diiringi alat musik gesek atau petik.
Tahun Penulisan: abad ke 10-5 SM



ini kitab yang ditulis oleh King solomon/Raja Salomo/Raja Sulaiman/ katanya Amsal itu ialah kitab yang ditulis sebelom ia menjadi raja, kidung agung waktu jadi raja, Pengkhotbah waktu dia menyesal di akhir hidupnya.

AMSAL
Tema: Hikmat untuk hidup dengan benar. istilah ibrani "mashal", yg diterjemahkan amsal, yg berarti ucapan orang bijak, perumpamaan, atau peribahasa berhikmat. karena itu, ada beberapa ajaran yg agak panjang dalam kitab ini dan juga aneka pernyataan ringkas berisi hikmat untuk hidup dengan bijaksana dan benar.
Tahun penulisan: Sekitar 970-700 SM

PENGKHOTBAH
Tema: kesia-siaan hidup yg terlepas dari Tuhan. judul kitab ini dalam ibani adalah "qoheleth" yg artinya orang yg mengadakan dan berbicara kepada suatu perkumpulan.
Tahun penulisan: sekitar 935 SM

KIDUNG AGUNG
Tema: Kasih dalam pernikahan. secara harafiah nama ibrani dari kitab ini berarti nyanyian yg terbaik
(tapi kyknya gw jarang ngeliat pernikahan ada kutipan dari kitab ini)
Tahun penulisan: sekitar 960 SM



Yesaya/Isaiah salah satu nabi yg menulis kisahnya sangat panjang di PL.

YESAYA
Tema: Hukum dan keselamatan. berisikan sejarah pelayanan dan nubuatan Nabi Yesaya, anak Amos pada masa pemerintahan empat raja Yehuda: Uzia, Yotam, Ahas, dan Hizkia. konon Yesaya mati syahid dengan dipotong jadi dua bagian.
Tahun penulisan: sekitar 700-680 SM



Yeremia/Jeremiah dia juga salah satu nabi yg punya kisah hidup panjang

YEREMIA
Tema: Hukuman Allah tidak terelakkan bagi Yehuda yg tidak bertobat. berisikan kisah dan nubuat nabi Yeremia yg hidup pada jaman kejatuhan yehuda. karena tugas Yeremia ialah bernubuat kepada bangsa itu selama tahun2 terakhir dari kejatuhan yehuda, bisa dimengerti bahwa kitabnya penuh dengan kesuraman dan firasat buruk.
Tahun penulisan: sekitar 585-580 SM

RATAPAN
Tema: Kesusahan yg sekarang dan harapan masa depan. dari kitab ini, Yeremia sering kali disebut nabi peratap, seorang yg membawa amanat keras namun berhati lembut dan hancur. sifatnya yg lembut menjadikan penderitaannya makin mendalam ketika nubuat Tuhan ditolak dengan angkuh oleh kerabat, imam, raja, dan sebagian besar bangsa yehuda.
Tahun penulisan: sekitar 586-585 SM



Yehezkiel/Ezekiel/Zulkifli temanya sih dikit tapi isinya banyak

YEHEZKIEL
Tema: Hukuman dan kemuliaan Tuhan. berkisah tentang pelayanan Yehezkiel
sebagai nabi
Tahun Penulisan: sekitar 593-570 SM



Daniel adalah Orang yang dibuang ke Gua Singa sama Raja Nebukadnezar, dia juga yg ngasihtau tentang akhir jaman di kitab PL

DANIEL
Tema: Kedaulatan Tuhan dalam sejarah. Kitab ini berisikan kisah hidup Daniel yg namanya berarti Allah adalah hakim(ku). dan berbagai peristiwa dari penyerbuan pertama Nebukadnezar ke yerusalem hingga tahun ketiga pemerintahan Koresy.
Tahun penulisan: sekitar 536-530 SM



nabi2 kecil bukan berarti orangnya kecil , tapi karena kitab yg mereka tulis ga sebanyak yg ditulis ma nabi2 diatas, walau gitu nih kitab2 kecil termasuk suka bikin kontroversi karena ada yg ditaro ada yg ngga di alkitab2 yg laen.
Nama kitabnya sama dengan nama penulisnya


HOSEA
Tema: Hukuman dan kasih Penebusan Tuhan. berkisah tentang pelyanan Hosea sebagai nabi setelah pelayanan nabi Amos.
Tahun penulisan: sekitar 715-710 SM

YOEL
Tema: Hari Tuhan yg besar. berisikan pelayanan Yoel sebagai nabi di yerusalem
Tahun penulisan: sekitar 853-830 SM

AMOS
Tema: Keadilan, kebenaran dan hukuman Ilahi karena dosa. berisikan pelayanan Amos sebagai nabi. rekan se-zaman Yesaya dan Mikha di yehuda, dan Yunus serta Hosea di Israel
Tahun Penulisan: sekitar 760-755 SM

OBAJA
Tema: Hukuman atas Edom. berisikan kisah tentang nabi bernama Obaja dengan atar belakang persaingan berkepanjangan diantara orang edom(keturunan Esau) dan 12 suku israel(keturunan Yakub)
Tahun penulisan: skitar 840 SM

Yunus
Tema: Luasnya kasih sayang Allah yg menyelamatkan. berisikan nubuat Yunus terjadi tidak lama sesudah masa pelayanan Elisa, bertumpang-tindih dengan masa pelayanan Amos dan diikuti oleh pelayanan Hosea
Tahun penulisan: sekitar 760 SM

MIKHA
Tema: Hukuman dan keselamatan Mesias. berisikan kisah pelayanan nabi Mikha yg terjadi pada masa pemerintahan 3 raja yehuda: Yotam (751-736 SM), Ahas (736-716 SM), dan Hizkia (716-687 SM)
Tahun penulisan: ya sekitar2 tahun yg diatas itu lah

NAHUM
Tema: Kebinasaan kota Niniwe yg menjelang. kitab singkat mengenai kebinasaan kota niniwe yg akan datang oleh nabi Nahum yg namanya berarti penghiburan.
Tahun penulisan: sekitar 630-620 SM

HABAKUK
Tema: Hidup dengan Iman. berisikan kisah pelayanan nabi Habakuk
Tahun penulisan: sekitar 606 SM

ZEFANYA
Tema: Hari Tuhan. berisikan tentang pelayanan dari nabi Zefanya yg namanya berarti Tuhan menyembunyikan, dia adalah putra dari buyut raja Hizkia, dan bernubuat selama masa pemerintahan Yosia (639-609 SM)
Tahun Penulisan: sekitar 630 SM

HAGAI
Tema: Membangun kembali Bait Suci. kitab Hagai adalah kitab pertama dari ketiga kitab nab dalam masa pasca-pembuangan (Hagai, Zakharia, dan Maleakhi)
Tahun penulisan: sekitar 520 SM

ZAKHARIA
Tema: Penyelesaian terakhir Bait Suci dan Janji2 Mesias. berisikan kisah pelayanan nabi Zakharia putra Berekhya dan cucu Ido
Tahun penulisan: sekitar 520-470 SM

MALEAKHI
Tema: Aneka tuduhan Allah terhadap Yudaisme pasca-pembuangan. berisikan kisah pelayanan nabi maleakhi di yehuda pada masa pasca-pembuangan. rekan se-zaman Nehemia, dan mungkin seorang imam nabi pada masa itu.
Tahun penulisan: sekitar 430-420 SM

Kerajaan ISRAEL dan YEHUDA


Perjanjian Barunya nyusul ya, semoga bermanfaat :D

1 comment:

kris tanta said...

Wah maksih bgt.bs bljr sejarah alkitab..utk yg taon penulisan PB sy tggu ya..hehehe..JBU.amin